Rabu, 01 Juni 2016

BAHAN MAKANAN TERASI UDANG



Terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan atau pasta. Terasi yang beredar umum di masyarakat biasanya berwarna hitam-kecoklatan, atau terkadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan umumnya digunakan untuk membuat sambal terasi, tetapi juga bisa sebagai bumbu masak, seperti resep-resep masakan tradisional khas Indonesia.
Terasi yang dibuat husus dari udang biasanya berwarna asli kemerahan, udang yang digunakan adalah udang rebon (udang laut kecil). Setelah melalui proses tumbukan dan penjemuran, terasi akan berwarna coklat kehitaman.
Proses Pembuatan
Udang rebon tempatkan dalam sebuah wadah, kemudian bersihkan dan dicampur dengan garam kurang lebih 15% dari berat udang yang dibutuhkan. Ketika udang yang digunakan sebanyak 5 kg, maka garam yang diperlukan sebanyak 0,75 kg.
Jemurlah udang pada panas matahari selama satu hari (tidak perlu kering betul). Setelah selesai dijemur, tumbuklah udang tersebut menggunakan lumpang kayu/batu sampai lembut (adonan masih terasa kasar), sehingga diperoleh adonan menjadi menggumpal liat.
Jemur kembali adonan/tumbukan udang pada tempat yang aman dari debu, karena debu dan kotoran gampang sekali menempel pada adonan udang. Bila sudah kering, beri garam sebanyak 5% setiap 1 kg adonan.
Tumbuk kembali adonan yang sudah dijemur (masih terasa kasar ditangan), sampai benar-benar halus dan lembut.
Tempatkan dan simpan dalam waktu yang lama, hingga terjadi proses peragian (fermentasi) dan mengeluarkan bau khas terasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar