Kamis, 02 Juni 2016

BAHAN MAKANAN PETIS

 
 
Petis adalah bahan masakan khas Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah, seperti dari olahan pindang atau udang yang digodog hingga cairan kuah menjadi mengental seperti saus yang lebih lekat. Dalam pengolahan petis selanjutnya ditambahi dengan gula merah, dan biasanya warna petis kelihatan cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis legit.
 
Berbeda dengan terasi, yang dikenal dan secara umum dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara, petis nampaknya hanya dikenal di Indonesia. Hampir semua negara di Asia tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina mengenal terasi dengan variasinya, kering, basah atau setengah basah.

Petis adalah bahan makanan yang biasa dipakai sebagai penyedap (seasoning) kuliner tradisional Nusantara, seperti rujak uleg, urab sayuran, pecak terong dll. dan petis untuk lidah orang Indonesia mempunyai rasa favorit tersendiri.

Bahan Baku dan Bumbu

Petis udang/ikan adalah hasil pengolahan kaldu/sari udang atau ikan yang dicampurkan dengan beberapa bumbu tambahan. Pengolahan petis adalah dari Udang/ikan yang masih utuh, pemanfaatan limbah kepala dan kulit udang, atau kuah dari sari ikan olahan pindang.

Bumbu tambahkannya adalah gula merah/putih dan garam. Untuk mempercepat proses pengentalan dapat ditambahi dengan bahan-bahan pengental alami, seperti tepung beras, tapioka atau air tajin.

Pengolahan Sari Udang

Bersihkan udang utuh atau dari limbah pengolahan udang (kepala dan kulit udang), kemudian direbus dengan air hingga mendidih (untuk 0,5 kg udang direbus dalam 2 liter air selama 40 – 45% menit).

Saring air rebusan, dan campurkan dengan gula merah dan garam. Kemudian panaskan kembali hingga mengental lengket menjadi petis udang.

Pengolahan Daging Udang

Udang dicuci bersih dan ditumbuk halus, kemudian diremas-remas dengan tangan sambil dicampur dengan air, dan selanjutnya disaring untuk mendapatkan kaldu udang mentah. Lakukan pekerjaan ini sampai 3 kali. Untuk 0,5 gr udang adalah ukuran perbandingan 3 liter air.
 
Kaldu udang kemudian digodog dengan dicampuri garam dan dan gula merah secukupnya sampai mengental dan menjadi petis udang.

Pengolahan Sari Pindang
 
Kaldu ikan dari olahan pembuatan pindang, digodog dengan dicampurkan gula merah, tunggu sampai mengental maka menjadilah petis ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar