Selasa, 31 Mei 2016

LETAK GEOGRAFIS

Desa Mertasinga Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon adalah termasuk daerah pesisir. Secara geografis Desa Mertasinga terletak di garis 12854577 bujur timur dan 6223002 bujur barat. Dari arah Timur Desa Mertasinga langsung berhadapan dengan laut Jawa. Sebelah berat berbatasan langsung dengan Desa Sinabaya, sebelah utara berbatasan dengan Desa Muara dan Desa Purwawinangun, dan sebelah selatan berbatasan dengan Sungai Bondet.

Akses menuju Desa Mertasinga cukup mudah, karena lokasinya dihadapan Jalan Utama yaitu jalan Cirebon-Jakarta via Indramayu. Banyak sekali transportasi umum yang melintasi kawasan Desa Mertasinga, seperti Bus, Angkutan Kota (angkot) dan Mini Bus. Masyarakat Cirebon dalam menyebutkan transportasi umum Mini Bus dengan istilah Kopayu dan Elp, Kopayu adalah kendaraan dengan trayek Cirebon-Indramayu, sementara kendaraan Elp sama seperti Kopayu tetapi ada sebagian trayeknya tidak sampai menuju indramayu. Kendaraan-kendaraan yang melintas dari arah stasiun Kota Cirebon, yaitu Terminal Harjamukti dalam setiap jamnya berkisar 60 angkutan umum.



DEMOGRAFI DESA

Dari data statistik desa, Desa Mertasinga adalah merupakan desa yang berpenduduk padat, total penduduknya mencapai 6.681 jiwa, Laki-laki sebanyak 3.234 orang dan perempuan 3.447 orang; dewasa 864 orang dan anak-anak 253 orang, menikah 5433 orang dan lajang 1148 orang. Berdasarkan catatan KPUD setempat, DPT di desa Desa mertasinga sebanyak 2646 orang.

Mayoritas penduduk Desa Mertasinga adalah tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan sebagian penduduknya ada yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, seperti pendidikan disekitar Kab. Cirebon atau pendidikan di kota-kota besar. Lembaga-lembaga pendidikan seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Jendral Sudirman (Unsud), Universitas Tujuh belas Agustus (Uswagati), Akademi Perawat (Akper), dan Lembaga pendidikan Pondok Pesantren, seperti Pesantren Lirboyo dan Pesantren Tambak Beras.

Angka kemiskinan di Desa Mertasinga masih cukup tinggi, sekitar 200 jiwa. Masyarakat yang berhak mendapatkan Raskin dari subsidi pemerintah 123 orang, pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) 70 orang, dan sebagai anak yang dijamin pendidikannya dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) 200 orang. Sebagai daerah pesisir, mayoritas penduduk Desa Mertasinga hidup sebagai nelayan, yaitu sebanyak 524 orang. Sedangkan sisanya bekerja sebagai guru 35 orang, PNS 42 orang, pegawai swasta 26 orang, dan yang merantau ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) 20 orang. Seluruh penduduk Desa Mertasinga adalah beragama Islam.

DETIL INFO DESA

• Perbatasan :
Sebelah Timur     : Laut Jawa
Sebelah Barat      : Desa Sinabaya
Sebelah Utara      : Desa Muara dan Desa Purwawinangun
Sebelah Selatan   : Sungai Bondet 

• Route :
Dari Stasiun/Terminal Harjamukti naik transportasi Bus, Mini Bus (Kopayu dan Elp), atau Angkutan Kota (Angkot), dan langsung turun di Desa Mertasinga. 

• Demografi :
Jumlah penduduk   : 6.681 Jiwa
Laki-laki                 : 3.324 Jiwa
Perempuan              : 3.447 Jiwa 

• Agama warga :
Agama Islam          : 6,681 Jiwa

• Profesi warga :
PNS            : 42 Jiwa
Pegawai      : 26 Jiwa
Guru           : 35 Jiwa
Nelayan      : 524 Jiwa
TKI             : 20 Jiwa 







sumber : http://mertasinga.desa.id/hal-letak-geografis.html

4 komentar:

  1. saya sudah mengerti letak geografis, kunjungi blog saya ya!!!

    http://sistes.google.com/mahasiswa.atamaluhur.ac.id/arie

    http://arie.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. terima kasih gan... sistem geografis ini sngat membantu mencari letak geografis.. semoga bermanfaat
    kunjungi website saya http://rangga.mahasiswa.atamaluhur.ac.id

    dan website kampus saya http://WWW.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Terimakasih ya gan atas informasi tentang pencarian letak geografis suatu daerah,mungkin ini menambah wawasan untuk saya pribadi.
    oh iya gan jika berkenan boleh kunjungi website kampus saya ya http://www.atmaluhur.ac.id/
    dan juga website saya https://waypart.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. Tithium Spade - Titanium Spade - TITanium Art
    Tithium Spade nano titanium - titanium app TITanium Art. Tithium Spade is an innovative Tithium Art and TTS resin resin 제이티엠허브출장안마 for your gr5 titanium home. T-Tithium-Art-Tits-Shingles-s babylisspro nano titanium hair dryer

    BalasHapus